Senin, 30 Juni 2014

Be A Leader Not A Boss

Ceritanya begini..
*sambil masih ngebayangin kerennya Optimus Prime..ane pacarin juga ini si-Prime..ditoyor My Darling..
Kemarin kan habis nonton Transformer..kenapa ane jdi suka banget ma ni pilem ternyata karena tokoh Optimus Primenya yg gila..bisa dibilang dia leader sejati banget loh..
Jadi tau kenapa para Autobot pada setia ma dia..pada mau mati demi dipimpin ma dia..ya karena dia memang ngegambarin sosok leader yg sebenarnya..

So..if you want people will be willing to follow you without any pressure from you..the easy way is be a leader not a boss
Nah gimana biar bisa jadi leader ndak hanya boss..ya ndak gampang seh..sumpah pusing..ane aja yg kuliah 3 tahun masalah manajemen kepemimpinan..sekarang blank bener..
Seorang pemimpin..tidak hanya harus pandai dalam planning, budgeting, staffing, organizing, controlling aja..tapi dia harus bener2 tau bagaimana membuat manajemen yang bottom up..bagaimana mendengarkan..bagaimana menerima masukan..bagaimana memberikan teladan..bagaimana membuat bawahannya secure..bagaimana membuat bawahannya termotivasi untuk lebih produktif tanpa harus merasa terpaksa..bagaimana mendelagasikan tugas dengan sesuai..bagaimana bertindak dan bertutur kata yang membuat semua bawahannya nyaman..dan..dan..dan lain-lain..

Jadi bos seh mudah..tinggal berlagak aja kayak bos..suruh sana suruh sini..ngomong bentak2..marah2..itu bos..

But..not as a leader..
Leader akan datang lebih pagi dibanding karyawannya..leader ndak akan segan terjun ke lapangan untuk membantu karyawannya yang kesusahan..
Seorang Leader akan menciptakan suasana kerja yang kondusif dimana akan mengajak semuanya untuk bekerja dalam team work..bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama..

Begitu kira2 simpulan yg bisa ane bikin sendiri secara acak dan ndak nyambung antara kerennya Optimus Prime dan how to be a leader..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar